Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika I

Bagamana sih caranya supaya aku bisa pinter FISIKA ??

Pertanyaan di atas kadang muncul dari celotehan teman-teman di sekitar kita... atau bahkan dari celotehan diri kita sendiri...

Hmm... emang di kalangan siswa2 SMA FISIKA menjadi momok baru bagi mereka... yang pada awalnya saat di SMP pelajaran yang paling ditakuti adalah pelajaran matematika sekarang saat SMA berubah menjadi pelajaran FISIKA...


Setelah kita sadar klo ketakutan kita dalam belajar matematika disebabkan kita jarang latihan soal.... perlahan-lahan terjadi perubahan pada diri kita.... ( mode : sok tau on ) Sekarang menjadi rajin belajar matematika.... menjadi rajiin ngerjain soal2 matematika... dan Wow... ternyata ada efeknya... ternyata matematika matematika tidaklah terlalu sulit... 

Mengambil kata2 orang jenius : 

"Matematika itu tidak sulit namun tidak juga mudah... klo mudah tentunya akan membosankan... menurut saya matematika itu menantang".


Aku tahu tidak semua orang pandai ( baca : suka ) belajar matematika... terutama materi2 tertentu... misal trigonometri, dimensi tiga, atau materi lainnya... minimal sekarang kita tahu kunci belajar matematika :

Semakin sering latihan mengerjakan latihan soal semakin bisa...

( maksud aku soal2 yang ada pembahasannya... jadi setelah kita kerjakan kita dapat mengecek kebenarannya... sehingga saya sarankan klo membeli buku latihan soal matematika mencari yang ada pembahasan soalnya... dan dipilih yang pembahasannya mudah difahami.... )

tapi... klo belajar FISIKA kok gak bisa ya?? perasaan kita sudah menghafal rumus2nya... latihan soal juga udah lumayan sering... tetep aja gak bisaaa... ( T_T hiks.... ) setiap ngerjain soal selaluu... aja bingung mau pakai rumus yang mana...??
Mungkin.... perlu di cek lagi apakah kita benar2 sudah belajar FISIKA dengan rajin atau belum..? klo blum ya... belajar yang rajin dulu donk... ( klo ingin bisa lho... ) dan bagi yang sudah belajar FISIKA dengan giat namun tetap tidak bisa menguasai... perlu dicek lagi....

Caramu belajar FISIKA seperti apa....?

klo cara belajar FISKA nya seperti belajar matematika... yaitu sering2 latihan soal... itu sudah bagus kok... nilai ulangan FISIKA kalian akan meningkat... namun perasaan kalian mengatakan : 

"Sebenarnya aku masih kurang dong sih sama materi ini... tapi karena ada contoh soalnya jadi aku bisa... untuk soal2 yang tidak ada contohnya aku masih bingungg..??"  

Ya.. sebenarnya memang cara belajar kalian masih ada yang kurang....

Hmm... kurangg...??  Ya... menurut aku cara belajar FISIKA itu sedikit berbeda dengan belajar matematika... dalam belajar FISIKA tidak perlu segiat latihan soal dalam belajar matematika.... cukup separuhnya... kira2 sih... 

kok...???

ya... seperti yang telah kalian tahu... saat di SMP semua rumus2 FISIKA dapat dirangkum dalam 2 atau 3 lembar kertas folio... karena per materinya hanya ada 1, 2 atau 3 rumus... bahkan ada bab yang tidak ada rumusnya...

tapi... di SMA... rumus FISIKA dapat mencapai 10 rumus atau lebih tiap materinya belum lagi ditambah pengembangan rumus2nya.... Wow... emang cukup drastis perubahannya... jadinya bisa jadi soal2 FISIKA itu tiap ganti soal ganti juga rumusnya... akibatnya tidak jarang terjadi saat kita mengerjakan soal FISIKA bingung mau pakai rumus yang mana ??

Untuk itu cara kita belajar fisika juga harus berubah.... Langkah pertama yang kita lakukan adalah :  

Membuat rangkuman rumus 

Ya... dalam mempelajari fisika sangat penting untuk mengetahui secara detail rumus2nya seperti : lambangnya, satuannya, dan keterangan tentang rumus2 itu... setelah kita tahu dasar2nya lalu mengetahui pengembangannya, hubungan antar rumusnya tersebut dengan rumus2 yang lainnya...

Setelah kita membuat rangkuman rumus langkah selanjutnya adalah : 

Kita perbanyak latihan soal...

dalam mengerjakan latihan soal pada masa2 awal kita boleh sambil membuka materi dan rumus2nya... tapi... materi dan rumus2 yang boleh kita buka adalah materi dan rumus2 yang kita rangkum... bila ternyata rumusnya tidak ada di rangkuman kita... langkah yang kita ambil adalah menambahkan rumus yang tidak ada tersebut ke dalam rangkuman kita...

Sampai suatu saat... hampir semua latihan soal yang kita kerjakan rumus2nya ada dalam rangkuman rumus yang kita buat.... dengan kata lain rangkuman rumus yang kita buat telah teruji dengan munculnya rumus tersebut dalam soal2 materi terkait....

Pada akhirnya.., tanpa membuka rumus2nya pun kita menjadi lancar dalam mengerjakan soal....

Yang menjadi permasalahan.... 

Ternyata merangkum rumus FISIKA itu cukup berat dan melelahkann.... untuk itu melalui artikel ini dan artikel2 terkait selanjutnya aku akan membantu kalian dalam merangkum rumus FISIKA... bentuknya dalam gambar rangkuman rumus FISIKA yang telah aku buat....

setelah kalian Copy... sebaiknya kalian salin dalam tulisan tangan kalian sendiri.... jika perlu... kalian kasih keterangan tambahan agar semakin paham...

OK... selamat mengCopy dan merangkum.... :)














karena materi tentang mekanika cukup banyak maka saya bagi menjadi 2 artikel...

Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika II

7 komentar:


  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus
  2. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    “Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
    telp: 087788855868
    website: http://indonesia.zapplerepair.com/

    BalasHapus
  3. Terimakasih, sangat bermanfaat ..

    BalasHapus