Artikel Khusus

Gerak Peluru/Parabola



Geral peluru atau parabola pada dasarnya merupakan perpaduan antara gerak horizontal (searah dengan sumbu x) dengan vertikal (searah sumbu y). Pada gerak horizontal bersifat GLB (Gerak Lurus Beraturan) karena gesekan udara diabaikan. Sedangkan pada serak vertikal bersifat GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) karena pengaruh percepatan grafitasi bumi (g).





A. Kecepatan

disebabkan gerak parabola merupakan perpaduan antara dua gerak maka masing-masing elemen gerak kita cari secara terpisah. Rumusnya sebagai berikut :





Jadi vx merupakan peruraian kecepatan awal (vo) terhadap sumbu x sedangkan vy merupakan peruraian kecepatan awal  (vo) terhadap sumbu y.Nilai vx sepanjang waktu terjadinya gerak parabola bersifat tetap karena merupakan GLB. Namun nilai vy berubah karena pengaruh percepatan grafitasi bumi, sehingga saat peluru naik merupakan GLBB diperlambat dan saat peluru turn merupakan GLBB dipercepat.
Setelah kita mendapatkan nilai vx dan vy, dapat dicari kecepatan gabungannya dengan menggunakan rumus :


disaat peluru mencapai titik tertinggi maka vy = 0 maka v = vx . Selain itu rumus vy di atas hanya berlaku untuk awal peluru bergerak sampai mencapai titik tertinggi. maka kita harus hati2 dalam mengerjakan soal....apakah waktu yang diketahui kurang dari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertinggi atau justru melebihinya. namun untuk mengantisipasinya kita tidak perlu mencari besar waktu saat mencapai titik tertinggi.....saat nilai vy < 0 atau negatif maka rumus tersebut tidak berlaku lagi.  

Truzz... rumus apa yang kita pakai untuk mencari Vy??
Jawabannya : vy kita cari dengan menggunakan rumus Gerak Jatuh Bebas. tentu saja waktu yang dimasukkan dalam rumus telah dikurang terlebih dahulu dengan waktu saat mencapai titik tertinggi.... (Hmm... karena saat melewati titik tertinggi kita menggunakan rumus baru...jadi waktunya pun dimulai dari titik ini juga....bukan dari waktu peluru mulai bergerak). mengenai waktu untuk mencapai titik tertinggi akan dibahas di bawah....sedangkan kalau kalian lupa tentang Gerak Jatuh bebas coba kalian cari disini.

B. Jarak Tempuh

Jarak tempuh Peluru juga terdiri atas dua jenis yakni ketinggian peluru (y) dan jarak hrizontal/mendatar peluru (x). adapun rumus jarak tempuh sebagai berikut :








Seperti halnya kecepatan peluru..... rumus di atas untuk yang bagian ketinggian peluru (y) hanya berlaku untuk setengah gerakan awal yakni awal peluru bergerak hingga titik tertinggi. saat melampaui titik tertinggi maka gerakan vertikalnya sama halnya dengan gerak jatuh bebas... baik kecepatannya (vy) maupun ketinggiannya (y atau h)


C. ketinggian Maksimal (hmaks) dan Jarak Tempuh Maksimal (xmaks)

Rumus ketinggian maksimum adalah :





dan waktu saat ketinggian maksimum terjadi :





bila diketahui ketinggan maksimumnya juga dapat dicari waktunya dengan rumus :







demikian pula bila waktu saat ketinggian maksimum diketahui maka ketinggian maksimumnya dapat dicari dengan rumus :






Sedangkan jarak tempuh horizontal terjauh/maksimalnya dapat dicari dengan rumus :





yang harus diingat adalah pelajaran trigonometri bahwa nilai sin 2a = 2.sin a.cos a
ingin belajar lebih jauh..?? silahkan klik di sini....

waktu untuk mencapai jarak tempuh terjauh sama dengan dua kali waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertinggi :






Keterangan  :

hmaks = Ketinggian maksimum (m)

xmaks = Jarak tempuh mendatar/horizontal terjauh (m)

t          = Waktu (s)

sebagai tambahan.... untuk memperoleh jarak tempuh horizontal terjauh dengankecepatan awal yang sama adalah dengan sudut elevasi sebesar 45o.

Okee....Sip2.... :)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

95 komentar: on "Gerak Peluru/Parabola"

Anonim mengatakan...

bagimana cara kita menntukan jarak tembak meriam yang menembakkan peluru dengan Vo=sudut elevasi peta, kemudian gmna carannya nentuin sudut elevasi meriam klo diketahui Vo pelurunya=120m/s setelh mngenai ssran terjauh 1300 m pada t yang sma...
mohon bantuanny, thank's kak

Galih Utomo mengatakan...

pake rumus x maks itu lho....

1300 = 120^2.sin 2a/10

sin 2a = 1300.10/120^2 = 0.9

2a = 64,526 jadi besar sudut a = 32,263

jaka purnama sidi mengatakan...

1. Seorang siswa melempar bola dengan kecepatan awal 40 m/s dan bersudut cos ά=4/5 terhadap tanah tentukanlah
a. Kecepatan awal mendatar dan vertical
b. Kecepatan awal dan kedudukan bola setelah 0,4 sekon
c. Titik tertinggi dan waktu yang di perlukan
d. Jarak tempuh dan waktu yang di perlukan
e. Sudut yang di bentuk oleh sumbu x
2. seorang berada pada ketinggian 1500 m dari tanah melempar sebuah benda dengan kecepatan awal 20m/s dan sudut elavasi
370 terhadap horizontal tentukanlah
a. posisi benda pada saat tinggi maksimum
b. posisi benda pada saat sampai di tanah
tolong teman aku tdak bisa bagai mana ini tolong jawab ya serta penjelasan nya trimakasi

melly mengatakan...

peluru ditembakan dari tanah mendatar dgn kecepatan awal 100m/s
dan sudut elevasi ά (cosά=3/5). jika gravitasi + 10 m/s
hitung:
a. posisi peluru stelah 2s
b. kcepatan peluru stelah 2s
c. tinggi maks peluru
d.jarak tmbakan mendatar
ngitungnya gimanaaa:((

Galih Utomo mengatakan...

@purnomo: aq jawabnya belakangan.... banyak bgt pertanyaannya... apa ada yg bs bantu...?

@melly:
cosά=3/5 maka sinά=4/5

posisi peluru :
x = Vo.cosά.t = 100.3/5.2 = 120
y = Vo.sinά.t - 1/2.gt^2 = 100.4/5 - 1/2.10.2^2 = 140
posisipeluru = akar x^2 + y^2 = akar 34000 = 20.akar 85
( ^ = kuadrat)

kecepatan peluru :
Vx = Vo.cosά = 100.3/5 = 60 m/s
Vy = Vo.sinά - gt = 100.4/5 - 10.2 = 60 m/s
V = akar Vx^2 + Vy^2 = akar 7200 = 60 akar 2 m/s

ketinggian maks :
h maks = Vo^2.sin^2(ά) /2g = 100^2.(4/5)^2 / 2.10 = 320 m

jarak tembak mendatar:
Xmaks = Vo^2.sin 2ά/g = 100^2.2sinά.cosά / 10 = 1000.24/24 m

:c:

Galih Utomo mengatakan...

maaf ^ artinya pangkat bukan kuadrat :o:

Khairunnisa mengatakan...

Sebuah benda bergerak dgn laju 20 m/s^-1 dan mengalami perlambatan 4 m/s^-2 sehingga berhenti. Berapakah waktu yang diperlukan benda untuk berhenti dan berapakah jarak yg ditempuh oleh benda tsb sampai berhenti?

Tolong dibantu ya kak..
Besok tugasnya dikumpul..
Makasih kak :)

Galih Utomo mengatakan...

coba cari rumusnya di artikel gerak lurus berubah beraturan...

hitungannya :

v = vo - a.t --> 0 = 20 - 4.t --> t = 20/4 = 5 sekon

Anonim mengatakan...

nisa yuhaniansyah, tolong bantu :D

jika diketahui jarak terjauh maksimum adalah 48 meter, maka untuk mencari tinggi maksimumnya bagaimana?

tiwwi mengatakan...

kak..
Tlong di bantu yaa..
aku dpet soal : sebuah bola ditendang di udara sehingga lintasannya berbentuk parabola. bila Vo bola = 30m/s dan sudut elevasi nya 30. tentukan jarak jangkauan dan waktu yang perlukan untuk mencapai jarak tsb????
di bantu..bantu yaa kaa :b:

Galih mengatakan...

buat tiwwi...
itu sama saja mencari x maks nya....

Xmaks = Vo^2.sin(2a)/g = 30^2.sin60/10 = 900.(1/2 akar3)/10
= 45 akar3 meter

t saat xmaks = 2Vo.sin(a)/g = 2.30.sin30/10 = 60.(1/2)/10
= 3 sekon

Galih mengatakan...

untuk nisa :

minimal harus diketahui sudutnya...

Xmaks = Vo^2.sin(2a)/g = 48 jadi Vo^2/g = 48/sin(2a) .....(1)

hmaks = Vo^2.sin^2(a)/2g terus Vo^2/g diganti 48/sin(2a)

= 48.sin^2(a)/sin(2a) = 48.sin(a).sin(a)/2sin(a).cos(a)
= 24.sin(a)/cos(a) = 24.tg(a)

jadi besar sudut a harus tahu... atau jawabannya seperti itu aja....

Anonim mengatakan...

Dua buah peluru dgn jangkauan R membutuhkan waktu t1 dan t2 utk mencapai ketinggian semula ( peluru kembali ketanah).buktikan bahwa t1t2= 2R/g. tlg djwb yaa :)

Anonim mengatakan...

SOLEH mengatakan

HORE TIASA NGE-TIK
:j:

umam mengatakan...

apakah hal tersebut tidak dipengaruhi kecepatan angin ???

Galih Utomo mengatakan...

@umam: tentu saja dipengaruhi.... tapi untuk fisika SMA diabaikan....

say... mengatakan...

sebuah bola golf di pukul dengan kecepatan 9.8 m/s membntuk sudut terhadap horizontal. bila sin a'= 4/5, g = 9.8 m/s^2, dan lapangan golf datar, maka lama waktu yang di perlukan bola golf untuk sampai ke permukaan lapangan lagi adalah......

kak tolong di jwb yaaaaaaaa.........
pentinnnnnnnng,,,,

say mengatakan...

kak kog gk di jwb, padahal q nunggu loch.......

Galih mengatakan...

@say: mav baru bisa jawab.... beberapa hari gak online sih...

itu pake rumus txmaks = 2Vo.sin(a)/g

txmaks = (2.9,8.4/5)/9,8 = 1,6 sekon

rosabella stacyana mengatakan...

sebuah benda dilempar vertikal ke atas dengan persamaan lintasan y = (40t-5t^2), y dalam meter dan t dalam sekon. tinggi maksimum yg dapat dicapai benda adalah ....

rosabella stacyana mengatakan...

tolongin yaaa.. udah pusing banget :o:

Galih Utomo mengatakan...

@Rosabella: pertanyaan di atas tepatnya masuk di pelajaran matematika tentang turunan....

tinggi maksimum = y maksimum

dicapai saat turunan y ( y' ) = 0

y' = 40 - 10t
0 = 40 - 10t
10t= 40
t = 40/10 = 4 sekon
y = 40t - 5t^2 = 40.4 - 5.4^2 = 160 - 80 = 80 m :e:

say mengatakan...

kak makasihhh y....................
arigato hozaimatsu

aas thoyyibah mengatakan...

kak, q aas, temennya say, mksih bwt bntuannya ........

tp kak, q minta tips2x donk biar q mkin suka ma fisika .....

soalx q krang minat m pelajaran ni......

YUMI mengatakan...

kakkk tlong di jwab prtanyaan ini y.......

peluru ditembakkan condong ke atas dg kecepatan awal v:1,4.130m/s dan mengenai sasaran yang jarak mendatarnya terjauh 2.10^5 m. bila gravitasi 9,8 m/s^2, maka sudut elevasien adalah n derajad,dgn n adlah....

aq tunggu jawabannya,,,,
ARIGATO GOZAIMATSU

Galih Utomo mengatakan...

@aas: kmu punya fb gak? aku di add aja....

klo klo lewat sini susah ngeceknya (harus buka artikelnya..)

:)

Galih Utomo mengatakan...

@yumi: soalmu bisa dikerjakan asal jarak terjsuhnya 2.10^3...

Xmaks = Vo^2.sin 2a/g

2.10^3 = (130akar2)^2.sin 2a/9,8
2000 = 33800.sin 2a/9,8
2000 = 3449.sin 2a

sin 2a = 2000/3449 = 0,58

2a = 35,45 maka a = 17,7 derajad

angkanya gak ennakk.... :j:

Anonim mengatakan...

kakak.... bantu sya dunk menjawab pertanyaan ini:

dalam gerak parabola tunjukkan bahwa lintasan partikel dapat di nyatakan seperti berikut ini:
y=(tanθo)x-(g/(2vo^2 cos^2θo)x^2

tolong yya kak??????

Galih Utomo mengatakan...

kan x = Vo.t.cosθ sehingga :

t = x/Vo.cosθ dan t^f2 = x^2/Vo^2.cos^2θ

sedangkan y = Vo.t.sinθ - 1/2.g.t^2

bila huruf t diganti maka menjadi.....

y = Vo.sinθ.(x/Vo.cosθ) - g/2.(x^2/Vo^2.cos^2θ)

y = sinθ/cosθ.x - (g/2.Vo^2.cos^2θ).x^2

y = (tanθ).x - (g/2.Vo^2.cos^2).x^2

gituuu.....:l:

thya itu thyna mengatakan...

bagaimana cara penyelesaian dari seorang hendak menembak burung yang terletak pada jarak 100 m dari orang tersbut dan pada ketinggian 90 meter. jika kecepatan awal peluru saat di tembakkan 100 m/s. maka berapa sudut elevasinya agar burung itu dapat tembak. mohon di jawab ya... plisss

Galih Utomo mengatakan...

Diketahui :
x = 90 m
y = 100 m
Vo = 100 m/s
g = 10 m/s^2

Ditanya : θ?

x = Vo.cosθ.t
100 = 100.cosθ.t
cosθ = 1/t jika kmu cari nilai sinθ pake segitiga siku2 maka...
sinθ = akar(t^2 - 1)/t

y = Vo.sinθ.t - 1/2.g.t^2
90= 100.sinθ.t - 5t^2 dibagi 5 semua...
18= 20.sinθ.t - t^2 kemudian sinθ diganti...
18= 20.akar(t^2 - 1)/t.t - t^2 lalu t^2 dipindah ke ruas kanan...
t^2 + 18 = 20.akar(t^2 - 1) untuk menghilangkan akar kedua ruas dikuadratkan...
t^4 - 36t^2 +324 = 400.(t^2 - 1) disederhanakan mjd...
t^4 - 364t^2 + 724 = 0 difaktorkan pake rumus abc...

t^2 = 4 atau t^2 = 362

karena dengan kecepatan awal 100 m/s tidak mungkin bertahan lama di udara maka yang digunakan...

t^2 = 4 dan t = 2

cosθ = 1/t = 1/2

dan besar sudut θ = 60

hana mengatakan...

sebuah peluru ditembakan dengan kecepatan 50 m/s pd sudut elevasi teta. buktikan bahwa selalu ada pasangan sudut elevasi yang menghasilkan jarak tembakan (jarak terjauh yang sama). tuliskan hub kedua sudut trsebut.. makasiih

Galih Utomo mengatakan...

:o: fiuhh...

dalam rumus jarak maksimum kan pake sin2θ dan harganya sama dengan sin(180-2θ) jadi 2θ = 180 - 2θ dibagi 2...

θ = 90 - θ

untuk membedakan kedua sudut diberi nama yang berbeda θ1 dan θ2

misal θ1 = 15 maka θ2 = 90 - 15 = 75

maka sin2θ1=sin2.15=sin30= 1/2
dan... sin2θ2=sin 2.75=sin150= 1/2

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum..
kak tlong dijawab skrng penting....
seorang anak menendang bola dengan kecepatan sekitar 180 km/jam dengan sudut ebesar 37 drajat.
a.titik terjauh bola tersebut ??/
b.ketinggian maksimum bola ditendang tersebut.??
c.waktu untuk mencapai titik jangkauan tertinggi ?
d.waktu untuk mencapai titik jangkauan terjauh ?
e. koordinat titik terjauh ?
f. koordinat kecepatan padda titik tertinggi ?

trimakasih

Galih Utomo mengatakan...

wa'alaikum salam...

kmu siapa?? ko' ga ada namanya... :d:

θ = 37
sin θ = 0,6
sin^2 θ = 0,6^2 = 0,36
sin 2θ = 2.sin θ.cos θ = 2.0,6.0,8 = 0,96

a. titik terjauh(Xmaks) = Vo^2.sin 2θ/g = 180^2.0,96/10 = 3110,4 m
b. tinggi maksimum(hmaks) = Vo^2.sin^2 θ/2g = 180^2.0,36/20 = 583,2 m
c. thmaks = Vo.sin θ/g = 180.0,6/10 = 10,8 s
d. txmaks = 2Vo.sin θ/g = 2.180.0,6/10 = 21,6 s
e. koordinat apa ya??jarak... klo itu jdnya : (3110,4 , 0)
f. koordinat kecepatan di titik tertinggi...
kecepatan kan ada Vx dan Vy....
nilai Vx selalu tetap.. Vx = Vo.cos θ = 180.0,8 = 144 m/s
sedangkan Vy di titik tertinggi nilainya = 0 m/s
jadi V di titik tertinggi = Vx = 144 m/s

Galih Utomo mengatakan...

f. koordinat kecepatan ( 144, 0 )

tambahan... ada yg lupa.. :n:

Anonim mengatakan...

Sebuah perahu motor menyeberangi sungai yang lebar dengan arah tegak lurus arus air. Seorang pengamat berdiri diam di tepi sungai. Kecepatan perahu motor terhadap arus air 5 m/s dan kecepatan arus sungai adalah 3 m/s. (a) kemanakah arah kecepatan perahu motor terhdap arus air? (b) berapa lebar sungai jika selang waktu yang diperlukan perahu untuk sampai ke seberang adalah 15 s?

Galih Utomo mengatakan...

secara teori waktu untuk menyeberangi sungai tergantung kecepatan perahu menyeberangi sungai... 5 m/s

jadi lebar sungai = s = v.t = 5 m/s. 15 s = 75 m

ke arah miring antara seberang sungai dan arah arus...

membentuk sudut arc tg 3/5 = 30,96 derajad terhadap kedudukan awal....

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum^^
Mohon bantuannya banget nih, penasaran sama soal yang ditanyain temen. Ini soalnya :

Sebuah bola dilemparkan dr sebuah gedung yg tingginya 15 m. kec awal bola ketika dilempar=15 m/s dgn arah 30derajat diatas grs horizontal. brpkah kelajuan bola sesaat sebelum menumbuk tanah? (g=10m/s)
[Soal ini termasuk gerak parabola kan? *jeder]

Mohon dibantu ya kaka. Sesuatu banget kalo dijawab dalam waktu dekat ini, hehe. Makasih atas bantuannya!:D
-rani-

Galih Utomo mengatakan...

Sebuah bola dilemparkan dr sebuah gedung yg tingginya 15 m. kec awal bola ketika dilempar=15 m/s dgn arah 30derajat diatas grs horizontal. brpkah kelajuan bola sesaat sebelum menumbuk tanah? (g=10m/s)?

mula2 dicari h maks nya dl..

h maks = Vo^2.sin^2 30/2g = 225/80 m

hm... dr sini aj angkanya udah pecahan...jd agak gak enak dikerjain....

kan h maks itu dihitung dr atas gedung ke titik tertinggi... lalu sekarang dihitung h maks dari titik tertinggi ke tanah yakni = tinggi gedung + 225/80 = 15 + 225/80 = 1425/80 m

nah dr h maks baru ini kita cari Vo nya... nanti hasilnya = v saat mencapai tanah...

1425/80 = V^2.sin^2 30/2g
1425/80 = V^2/80
V = akar 1425 = 5 akar 57 m/s

Anonim mengatakan...

dari ketinggian 25 m sebuah batu dilemparkan vertikal kebawah dng kec 8 m/s. brapa lama bt itu mencapai tanah? berapa kec batu itu sesaat sebelum mencapai tanah?

Galih Utomo mengatakan...

itu... soal GLBB tak jawab di sini...

http://mediabelajaronline.blogspot.com/2010/03/gerak-lurus-berubah-beraturan-glbb.html

Anonim mengatakan...

sebuah peluru ditembakan dengan laju 40 m/s pada sudut elevasi 50 derajat. a)berapa lama peluru itu ada diudara b)tentukan jarak tembak c) berapa suduut peluru itu sewaktu mengenai permukaan bumi?

Galih Utomo mengatakan...

sebuah peluru ditembakan dengan laju 40 m/s pada sudut elevasi 50 derajat. a)berapa lama peluru itu ada diudara b)tentukan jarak tembak c) berapa suduut peluru itu sewaktu mengenai permukaan bumi?

a. t = 2vo.sin a/g = (2.40.sin 50)/10 = ....(pake kalkulator)
b. x = vo^2.sin 2a/g = (40^2.sin 100)/10
c. sudut sewaktu jatuh = 50 derajat

Jennie mengatakan...

Mohon bantuannya ......
Sebuah bola dilempar dgn kec.awal 30m/det.Jk arah gerakan bola tsb membentuk sudut sb x dan y dgn keadaan Vox=Voy. maka dapatkan
a. kec. bola pd saat t=3det
b. posisi bola pada saat t=4det
c. ketinggian max bola, jk percepatan, ay=-10m/det^
Mohon bantuannya berhubung sdh 12 thn sy kosong dari SMA ke kuliah, jd sangat berharap untuk di bagi ilmunya... teimakasih...

Galih Utomo mengatakan...

Vox = Voy berarti sudutnya 45

dalam soal ini penuh dengan pembulatan..krn klo tidak sebenarnya angkanya rumit sekali...

akar 2 = 1,4 terus ke soal :

V saat t = 3

Vx = Vo.cos 45 = 30.1/2 akar 2 = 15.1,4 = 21 m/s

Vy = Vo.sin 45 - g.t = 30.1/2 akar 2 - 10.3 = 21 - 30
:p: Who ho ho.. ketemunya negatif kan?? berarti telah melewati titik puncak.. kita cari dulu t saat di puncak :

t = Vo.sin 45 / g = 30.1/2 akar 2 / 10 = 1,5 akar 2 = 2,1 s

lagi2 t puncaknya dibulatkan = 2 s

dari puncak menurun waktunya tinggal 3 - 2 = 1 s

karena di titik tertinggi Vy nya menjadi nol kemudian mengalami Vy ke bawah yang rumusnya seperti gerak jatuh bebas... rumus Vy berubah menjadi :

Vy = g.t = 10 m/s

jadi Vx = 21 m/s dan Vy = 10 m/s

V = akar Vx^2 + Vy^2 = 23 m/s


t saat di titik tertinggi = 2 s maka benda sampai di tanah dalam waktu 2 kalinya = 4 s berarti sudah sampai di tanah maka :
x = V0.t.cos 45 = 84 m
y = 0

jika x dihitung dengan rumus x maks :

x = Vo^2.sin 2.45 / g = 30^2.sin 90 / 10 = 90 m

bedakannn?? itu karena pembulatan :j:

saran saya x nya dihitung pake x maks saja...

jadi posisi benda dalam (x,y) = (90 , 0) m

ketinggan maks :

h = Vo^2. sin^2 (45) / 2.g = 30^2.(1/2 akar 2)^2 / 20 = 22,5 m

Anonim mengatakan...

Kak minta bantuannya....
Sebuah peluru kendali ditembakkan dari kapal dengan kecepatan awal 100m/s dan membentuk sudut ( elevasi ) 30 derajat thdp geladak kapal.
a. dapatkan jarak tembak peluru kendali tsb
b. jk kapal bgerak dgn kecepatan 0.05m/s, searah dengan arah peluru kendali, maka dapaykan posisi peluru kendali thdp kapal pada saat t = 8 s
Terimakasih kakak....

Jennie mengatakan...

Terimakasih atas jawabannya yaaaa... binguuuuuuuuuuuuuunnngggg....

Galih Utomo mengatakan...

kecepatan awal 100m/s dan membentuk sudut ( elevasi ) 30 derajat thdp geladak kapal.
a. dapatkan jarak tembak peluru kendali tsb
b. jk kapal bgerak dgn kecepatan 0.05m/s, searah dengan arah peluru kendali, maka dapaykan posisi peluru kendali thdp kapal pada saat t = 8 s

a. jarak tembak = Xmaks = Vo^2.sin 2.30 / g = 100^2.sin 60 / 10 = 500 akar 3 m

b. kita cari dulu t saat di puncak :

t = Vo.sin 30 / g = 100.1/2 / 10 = 5 s

x = V0.t.cos 30

tapi krn kapal bergerak dg kecepatan Vk searah maka :

x = ( V0.cos 30 + Vk ).t = ( 50 akar 3 + 0,05).8 = ... dilanjutin sendiri... kapalnya jalannya pelan baget ya...

y krn udah melalui titik puncak maka waktunya dihitung dari puncak = 8 - 5 = 3 s dan Vo saat di puncak = 0 maka rumusnya menjadi :

y = 1/2 g.t^2 = 1/2 10.3^2 = 45 m

jadi posisinya (x,y) ..diisi angka jawabannya

Anonim mengatakan...

Makasih atas bantuannya!:D

--Yuni--

aisdardiri mengatakan...

Dear kak Galih.....
Ada soal fisika yang aq bingung menggunakan rumus yang manakah...!
Sebuah pesawat ruang angkasa meluncur dengan kecepatan awal 300m/s dgn percepatan -10/y m/s^2. Yang ditanyakan adalah kecepatan pesawat ruang angkasa tersebut pada saat t nya 50s stlh diluncurkan.....
Kakak tolong dibantu yaaaaa..... :)

Galih Utomo mengatakan...

sepertinya klo pesawat luar angkasa itu arahnya ke atas ya?

jadi termasuk gerak vertikal ke atas.... tak jawab di link di bawah ini aja ya....

http://mediabelajaronline.blogspot.com/2010/03/gerak-lurus-berubah-beraturan-glbb.html

Anonim mengatakan...

Numpang tnya ya kang.. :p
Klo nyari sudut rumus nya gmna ya ??? :d
Soal nya sprti ini...

Peluru kluar dri senapan dngn kec.1500 feet/second mnuju sasaran yg jrk nya 150 feet dri laras.
agar mengenai sasaran, ke arah tinggi brpa ssaran hrus di arah kan ??

Mohon bantuan nya yah.... :c

iqbal.syah56 mengatakan...

Kk,
Soal ini gimana?
Sebuah Peluru ditembakkan dengan kecepatan100m/s dan sudut elevasi 30^o (sin=30^o=0.5)Jika percepatan gratifikasi 10m/s^2 Mka tentukan
-Kedudukan titik tertinggi?
-waktu untuk mencapai titik tertinggi
:d:

Galih Utomo mengatakan...

@iqbal : kan rumusnya udah ada di atas...

kedudukan tertinggi = h maks = Vo^2.(sin30)^2/2g
= 100^2.(0,5)^2/2.10 = 125 m

waktunya = t_hmaks = akar (2h/g) = akar (2.125/10)= 50 s

M_I5D mengatakan...

tolong banget kak buat besok!
sebuah benda bergerak dg persamaan posisi pd sumbu X dan Y masing2 X=2t-3 dan Y=12t^2+6t. tentukan :
a. Persamaan lintasannya (Y dalam X )
b. persamaan posisi
c. persamaan kecepatan
d. besar kecepatan
:c:
#Makasih banget sebelumnya

Galih Utomo mengatakan...

saya bisanya yang c aja...

persamaan kecepatan dicari dg menurunkan persamaan posisinya...

jadi Vx = 2 dan Vy = 24t + 6

untuk mencari besar kecepatan perlu diketahui nilai t nya

Pandi Milanisti mengatakan...

kak galih tolong bantu saya dong :b:

ini soalnya :
sebuah benda dilemparkan dari puncak sebuah gedung yang tingginya 40 m,kecepatan awal 20 m/s dan sudut elevasinya 30 derajat,tentukan jarak terjauh dalam arah mendatar dihitung dari dasar gedung?

mohon dibantu kak thanks before :p:

Galih Utomo mengatakan...

hmaks = Vo^2.sin^2a/2g = 20^2.(1/2)^2/2.10 = 5 m

waktu dr gedung sampai puncak :

t = akar 2h/g = akar 2.5/10 = 1 sekon

waktu dr puncak sampai dasar :

t = akar 2h/g = akar 2.45/10 = 3 sekon

jadi rumusnya sama tapi isian ketinggiannya berbeda... setelah mencapai puncak ketinggiannya ditambah tinggi gedung...

untuk mencari jarak mendatar dalam waktu total:

x = Vo.cos a.t = 20.1/2 akar 3.4 = 40 akar 3 meter

Dyken D Arlinda mengatakan...

kak bantu saya dong :d:

soal :
sebuah pesawat terbang bergerak menukik ke bawah membentuk sudut 30 derajat dengan horizontal dan kecepatanya 50 m/s. pada ketinggian 180 m dari tanah pesawat menjatuhkan bom.
a. setelah berapa sekon bom meledak di tanah
b. berapa kecepatan bom saat jatuh ke tanah

Pandi Milanisti mengatakan...

mas saya bingung jawaban mas galih beda dengan guru saya jawaban guru saya gini mas

X = 20^2.sin 30.cos 30/10
= 400.0,5.0.86/10
1/2 = 172/10
= 344/10
= 34,4 m

itu benar kah mas?
maohon di bantu

fykha olsen mengatakan...

tolong bantuin yaa kaak..

sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal Vo m/s . tinggi peluru setelah t detik dinyatakan dengan fungsi h(t)100+40t+4at^2 . tinggi maksimum yang dapat dicapai peluru tersebut adalah..

Indra Syam mengatakan...

tolong bantuin dong agan" sekalian.. :c:

seseorang melempar bola basket dengan kecepatan 20m/s sudut elevasinya 60drjat bila ketinggian bola lepas dari pemain tersebut adalah 1,9m. berapakah ketinggian bola yang jaraknya 8meter secara mendatar mengenai papan ring dari pemain tersebut?

Galih Utomo mengatakan...

jarak mendatar x = vo.cos60.t
8 = 20.1/2.t maka t = 8/10 = 0,8

jarak vertikal y = vo.sin60.t - 1/2.g.t^2
= 20.1/2akar3.0,8 - 1/2.10.0,8^2 = 10,66

ketinggian bola = y + tinggi saat dilempar = 10,66 + 1,9
= 12,56 m



Anne mengatakan...

boleh minta facebooknya?? hehe

Asiknya Baca Novel Bikin Heboh mengatakan...

Kak tolong bantu dooong, ini tugas buat besok :k:

Seorang pemburu akan menembak seekor monyet dengan senapan.
Buktikan bahwa dengan x dan y yang sama maka pemburu akan selalu bisa menembak monyet tersebut dengan sudut berapapun.

Tolong bantuannya ya kak :e:

Nian Ulan mengatakan...

a man fires a shot horizontally at a freely falling target along the same line at a height of 19.6 m and at a distance of 25 m. find the minimum speed required so that he will be able to strike the target?

tolong dibantu yah

Randy Sugito mengatakan...

Sebuah pesawat pembom menukik dengan membentuk sudut 53 derajat dengan garis vertikal sambil melepaskan bom pada 2400 feet. Bom itu lalu jatuh di tanah 5 detik setelah bom itu dilepaskan(g=9,8)
a. Berapa kecepatan pesawat pembom tadi?
b.Berapa jarak mendatar yang dilintasi bom waktu melayang?

pliss tolong dijawab secepatnya, pemting sekali, trims :)

Randy Sugito mengatakan...

Sebuah bola golf dipukul dengan laju 200 feet per sekon serta membentuk sudut 37 derajat diatas garis mendatar. Bola jatuh ddekat lubang yang berjarak 800 feet. Percepatan gravitasi bumi adalah 9,8.
a.Berapakah jarak lubang terhadap tempat memukul bola?
b.Berapakah laju bola ketika sampai di dekat lubang?
Pliss dijawab kak, trims :)

christina martha mengatakan...

mas mohon bantuannya

1. tolong buktikan kalau gerak peluru itu lintasannya parabola?
2.tunjukkn persamaan waktu untuk mencapai tinggi maksimum??
3.apakah berat peluru brpengaruh thdp jauh atau ktinggian dan kcpatan pluru, jlaskan???
:e:

cinta cayank mengatakan...

Tolong di jawab ea..

Balok bermassa 4 Kg (g=10 m/s^2) berada di atas permukaan meja yang kasar. Koefisien gesekan statik dan kinetiknya berturut-turut 0,4 dan 0,1. Jika balok itu ditarik dengan gaya yang arahnya horizontal sebesar 20 N tentukanlah:
a.gaya gesekannya
b.percepatannya

fred blog mengatakan...

kk, mohon bantuannya
sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan 100m/s & sudut elevansinya 37. tentukan lama peluru di udara!

tolong di bales kk
ty

Baynar Rodiana mengatakan...

kakak bantu dong ,

soalnya ini :

berapakah besar energi kinetik peluru saat berada di ketinggian maksimum bila di nyatakan m, vo , dan teta ,

thanks

Antony Susanto mengatakan...

kakak boleh tau nama account fbnya? soalnya saya sering kesulitan dalam pelajaran fisika

farah hasna mengatakan...

sebuah peluru ditembakkan dengan kelajuan awal 100 m/s dan sudut elevasinya 45 derajat.(a) tentukan kecepatan dan kedudukan peluru pada saat t=3s dan t=6s! (b) berapakah jarak terjauh dan tinggi maksimum yang dicapai peluru tersebut!

farah hasna mengatakan...

kak jawab dong soal yang tadi, aku masih agak bingung :(

ucik erlita mengatakan...

kak,ini ucik, tanya dong,tugas besok nih,
seorang bermain 2 bola dilempar vertikal ketas secarabergantian dengan Vo 15 m/s. hitung h max, lama bola di udara, posisi bola saat t=2 s, dan persamaan lintasan
makasih kak,

ucik erlita mengatakan...

kak, satu lagi nih,
sebuah bola dilempar dari ketinggian 3 m membentuk sudut elevasi 35 derajat dengan Vo = 28 m/s.hitung jarak mendatar maksimat yang ditempuh bola sampai ketanah dan besar V saat menyentuh tanah.

Devia Restu mengatakan...

kak minta bantuannya dong?
Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan 100 m/s. (g=10 m/s kuadrat) nah, terus suruh nyari Ek saat t = 2s ? gimana caranya pdahal massa peluru kagak ditetahui . :d:

Frozy Synyvee Redfield mengatakan...

bagaimna cara menghitung gaya horizontal akibat arus??dan rumusnya apa???mohon bantuannya

kelompok kopok mengatakan...

Seorang pemain bola menendang bola dengan kecepatan awal 20 m/s dan membentuk sudut ��=37° terhadap arah horizontal. Tentukan Kecepatan pada saat ketinggian bola = ½ dari tinggi maksimum.

indrawijayaputra mengatakan...

Seorang pengendara motor yang bergerak dengan kecepatan 20 m/s, melihat seekor sapi 140 meter di depannya. Jika percepatan negatif maksimum (perlambatan maksimum) motor tersebut adalah −2. Tentukan waktu reaksi maksimum, yaitu waktu dari pengendara motor menyadari keberadaan sapi sampai ia mulai menginjak rem, supaya ia tidak menabrak sapi.? (tolong bgt yah)

indrawijayaputra mengatakan...

Sebuah batu dijatuhkan ke dalam sumur. Jika suara batu tercebur baru terdengar 6.6 s kemudian. (Kecepatan rambat suara adalah 300 m/s.)

•Jika waktu untuk perambatan suara diabaikan. Tentukan seberapa jauh permukaan air dari puncak sumur: m.
•Jika waktu untuk perambatan suara diperhitungkan. Tentukan seberapa jauh permukaan air dari puncak sumur?: m.

Ahmad Syarif mengatakan...

kakak kakak maaf mau nanya,,,
sebuah peluru ditembakan dari senapan hingga jarak tembakannya sama dengan 1/4 kali tinggi maksimumnya. berapa besar sudut elevasinya?

Goetz Pantana mengatakan...

Sebuah bola dilemparkan dengan sudut 30 dr arah datar dengan kecepatan v0.
Bola itu bersarang di talang rumah sejauh 20m. Kalau tinggi talang itu 5m, berapakah v0 ?

Lia Mushmush mengatakan...

Konbanwa mas minta bantuaannya dong ttg GLB jadi soalnya gini Ada kereta a dan kereta b glb,kereta a kecepatannya 45km/jam dan kereta b 55km/jam, kereta a berangkat jam 10:00 dan kereta b berangkat jam 10:30 nah kapankah kedua kereta itu akan bertemu dititik yang sama? makasihh ^^ :b:

yulia puspita Azula mengatakan...

sebuah peluru ditembakkan dgn sudut elevasi 34 derajat. peluru mencapai ketinggian tertinggi 60 m pada detik ke 10.hitung
a. kecepatan awal peluru
b.jarak horizontal yg ditempuh peluru pada detik ke 12
mohon bantuannya ka...makasi

zakira akimura mengatakan...

kgan mw nannya nih soal Teori
Ketika Benda bergerak menempuh lintasan Parabola, Besaran manakah dari dibawah ini yang konstan?(Beri penjelasan yang ilmiah )
a. Kelajuan
b. Percepatan
c. Komponen Horisontal kecepatan
d. Komponen Vertikal Kecepatan

kaunen reffa mengatakan...

tolong dong,,,
sebuah pesawat dengan kecepatan 20 m/s setinggi 200 meter menjatuh kan bom seberat 80 kg. tentukan jarak herizontal setelah bom di jatuhkan sampai bom jatuh ketanah. dengan dipengaruhi kecepatan angin searah dengan kecepatan 0.05 m/s. mohon jawaban nya di kirim facebook saya dengan nama Kaunen Adipatiputra Reffa.
terima kasih

lelta bee mengatakan...

nyatakan 40.0 derajat/det dalam . . .
a. putaran /det
b.putaran/menit
c.rad/det

Iis Ernawati mengatakan...

tolong bantuannya
sebuah peluruh di tembakan vertikal ke atas tinggi peluruh setelah t detik di nyatakan dengan fungsi h(t)=5+20t-(5 )/4 t kuadrat tinggi maksimum yang dapat di capai peluruh tsb adalah
a 75
b 85
c145
d 160
e 185
mohon jawabannya...

Win Ber mengatakan...

Peluru A dan B ditembakkan dengan sudut elevasi A = 30 derajat dan B = 60 derajat. Berapakah perbandingan tinggi maksimum kedua tembakan peluru tsb ?
Tolong jawab dong min... bantu Aku :j:

Amellia Safitri mengatakan...

tolong bantu mengerjakn donk, menggunakan caranya:
sebuah batu di lempar dengan sudut elevasi 30. tinggi maksimum yg dicapai45 m, percepatan gravitasi 10m/s . kecepatan peluru sesaat menyentuh tanah adalah....

Bahrul Ulum mengatakan...

Dari mana cara mendapatkan 2a = 64,526

Rika Santosa mengatakan...

mass bantuin saya juga dong , saya ingin belajar fisika :)

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:
Poskan Komentar



Ada yang ditanyakan...?
Tulis aja di bawah ini....