Artikel Khusus

Strategi Balajar Matematika


Kita sering mendengar bahwa matematika kerap kali menjadi momok menakutkan bagi siswa. bahkan ada yang mendengar namanya saja di otaknya telah tergambar seuatu yang menyeramkan dan menakutkan. hal ini sudah menjadi persepsi umum bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. hal ini berkembang dari pengalaman belajar berbagai orang yang mengalami kesulitan belajar matematika kemudian merekatularkan pengalaman tersebut kepada yang lainnya bahkan kepada anak turun mereka. sehingga anak2 mereka akan memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Sebenarnya tidak semua orang dituntut untuk menjadi ahli matematika. terus kenapa matematika disampaikan di semua sekolah dasar dan menengah? asal kita tahu saja, sebenarnya matematika yang kita pelajari di bangku sekolah dasar dan menengah tersebut hanyalah sebagian kecil dari materi matematika dan itupun masih rendah levelnya.......jadi asal kita sungguh2 mempelajarinya sudah tentu hampir semua orang sanggup mempelajarinya (tidak perlu memiliki otak yang jenius...). kembali lagi ke alasan mengapa kita harus mempelajari matematika......secara umum adalah membantu siswa  dalam mempersiapkan diri terhadap perubahan lingkungan kehidupan dan dunia yang senantiasa berkembang melalui cara bertindak dengan pemikiran yang sistematis, logis, rasional dan kritis serta kreatif ....

jika kita sudah memahami tujuan pembelajaran matematika ini dengan sendirinya kita akan berpikiran positif terhadap pelajaran ini dan dengan sendirinya akan berdampak pada nilai yang memuaskan atau minimal dapat mencapai nilai ketuntasan. dan sebaliknya jika kita tidak memahaminya dan menganggap matematika sebagai pelajaran yang hanya maepersulit dan menghambat kita maka ujung2nya kita menjadi membenci pelajaran ini dan nilai kita menjadi jeblok......

kemudian, bagaimanasih belajar matematika? ada beberapa strategi belajar matematika yang harus kita perhatikan  :
 
1. matematika tidak bisa kita pahami tanpa mempratekkan mengerjakan soal2nya
 jadi agar kita dapat mempelajari matematika dengan baik kita harus terlibat aktif dalam pelajaran ini. mulai dari mendengarkan penjelasan guru, membuat catatan yang baik, mengerjakan tugas dan PR, memperbanyak latihan soal sendiri yang kita lakukan secara rutin dan teratur.

2. matematika tidak sekedar menghafal rumus namun memahaminya
 kita harus tahu dan paham kapan suatu rumus matematika dapat digunakan. kadang-kadang ada berbagai kombinasi rumus yang berbeda unutk menyelesaikan soal2 dalam materi yang sama. jadi kita harus tahu prinsip2 dan cara kerja tiap2 rumus. hal ini akan meningkat dengan sendirinya seiring dengan keseringan kita dalam mengerjakan soal2 dengan berbagai tipe.
 
3.  matematika adalah akumulasi
 soal2 dalam matematika seringkali merupakan gabungan dari beberapa materi dalam bab yang berbeda. sehingga seringkali kita memahami bab2 tertentu namun tidak dapat mengerjakan sebagian besaratau kecil soal2nya karena berkaitan dengan bab2 sebelumnya yang tidak kita fahami dengan baik.

Jadi materi matematika sudah disusun dalam tahapan2 penyamoaian sehingga seringnya materi yang baru berlandaskan materi2 sebelumnya. sehingga bila kita tertinggal satu materi saja efeknya akan berimbas pada materi2 yang lainnya....untuk itu bagi kalian yang merasa ketinggalan materi jangan kalian tunda2 segeralah mencari bantuan sebelum ujian kian mendekat......

 Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan  :

 1. Bertanya di Kelas
 dengan cara ini kita dapat memperoleh keuntungan ganda, yakni selain mendapat penjelasan bagian materi yang kurang kita fahami kita juga terlibat aktik di kelas sehingga nilai keaktifan kita tinggi.

 2. Mendatangi guru di luar Pelajaran
 Biasanya guru akan senang bila ada siswa yang meminta bantuan dalam kesulitan pelajaran kepadanya.

 3. Tanya Teman
 jangan merasa takut atau malu bertanya kepada teman yang lebih tahu tentang materi pelajaran yang belum kita fahami. dengan bahasa santai sering kali kita menjadi lebih faham penjelasan yang disampaikan teman kita.

 4. Mengikuti Pelajaran Tambahan yang ada di Sekolah
ada beberapa sekolah yang mengadakan pelajaran tambahan yang dikhususkan bagi mereka yang masih kurang faham terhadap materi yang disampaikan ketika pelajaran di sekolah.

 5. Membentuk belajar kelompok
 Bagi sebagian siswa ada yang merasa lebih nyaman dengan belajar kelompok bersama teman2nya daripada belajar sendiri. karena dengan belajar kelompok kita menjadi mengenal berbagai cara dan metode yang digunakan oleh teman2 kita dalam menyelesaikan soal.

6. Cari Guru Privat
 cara ini bisa kita lakukan saat berbagai macam cara di atas terasa belum mencukupi. hanya saja, kita harus sejumlah uang untuk hal ini.

 7. Mengikuti berbagai Media Belajar OnLine
 bagi yang mempunyai fasilitas ke dunia maya dapat mencari berbagai situs2 yang membahas materi sekolah.


 Sumber : Buku "Strategi Sukses Menguasai Matematika" oleh H.J. Sriyanto













Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Strategi Balajar Matematika"

windy best mengatakan...

jikamencari banyk kliling rodha..?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:
Poskan Komentar



Ada yang ditanyakan...?
Tulis aja di bawah ini....