Pengaturan Jadwal Belajar Efektif

Dengan membuatan jadwal belajar kamu dapat mengatur waktu belajarmu diantara aktivitas2mu yang lain seperti bermain, bersama keluarga dan lain2....

Yang harus kita perhatikan :
  • perhatikan waktumu, berapa lama kamu beraktivitas dan berapa lama kamu beristirahat ?
  • cermatilah bagaimana kamu menghabiskan waktu aktivitasmu ?
  • Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia ? apakah waktu istirahatmu berlebihan ? atau apakah aktivitasmu penuh kesia-siaan ?
  • Ketahuilah kapan kamu produktif ?
Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu.....dapat digunakan untuk :

1. Membuat daftar "Pekerjaan"
Caranya tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.

2. Membuat jadwal harian/mingguan
Caranya buatlah daftar kegiatan yang akan kamu lakukan pada buku catatan dengan mencantumkan waktu pelaksanaanya. berilah catatan juga tentang manfaat yang dapat kita peruleh jika melakukan kegiatan tersebut. Sehingga kamu  tahu apa yang harus kamu kerjakan pada hari ini, dan saat  akan tidur kamu sudah siap dengan berbagai hal yang harus kamu lakukan besok.

3. Membuat jadwal bulanan
Merencanakan jadwal yang lebih panjang...seperti jadwal bulanan membuat kamu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.

Rencana Jadwal Belajar Efektif:
  1. Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
  2. Prioritaskan penyelesaian tugas-tugas sekolahmu.
  3. Luangkan waktu untuk diskusi pelajaran yang baru saja disampaikan saat jeda waktu atau waktu istirahat.
  4. Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah sampai di rumah. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa pengulangan.
  5. Jadwalkan waktu sekitar 1 jam untuk setiap sesi belajar, bila ingin belajar lebih dari 1 jam pakailah jeda setiap satu jam untuk refresing.
  6. Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
  7. Rencanakan juga "deadline" dalam mengerjakan tugas atau PR.
  8. Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
  9. Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
  10. Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri! bila ada kepentingan mendadak yang lebih penting harus kamu lakukan dahulu....kemudian waktu belajarmu yang tersita kamu ganti di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar