Artikel Khusus

Gerak Melingkar Beraturan (GMB)



Gerak Melingkar Beraturan (GMB) adalah gerakan dalam lintasan berbentuk lingkaran dengan percepatan sudut tetap.
Beberapa lambang yang biasa ditemukan dalam GMB antara lain :


Frekuensi (f) dan periode (T) dalam GMB :


 sesuai dengan keterangan lambang2 di atas berarti :

Frekuensi = banyaknya putaran/waktu

Periode = waktu/banyaknya putaran

Rumus Kecepatan Sudut (ω)

 


 



Keterangan :
ω = Kecepatan sudut (rad/s)
f   = frekuensi (Hz)
T  = periode (s)
π  = 3,14 atau 22/7 atau tetap/tidak diganti angka


Hubungan Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linear :





Keterangan :
ω = Kecepatan sudut (rad/s)
v  = Kecepatan linear (m/s)
r  = jari-jari lintasan (m) 

Percepatan dan Gaya Sentripetal :


percepatan sentripetal merupakan percepatan benda menuju pusat lingkaran....adanya percepatan ini menimbulkan gaya sentripetal.


Benda Yang Diputar Horizontal



mempunyai kecepatan maksimum (vmaks) yang dibatasi oleh tegangan tali maksimum (Tmaks) agar talinya tidak sampai putus.


AyunanKerucut (Konis)


Rumus-rumus dalam ayunan kerucut :


Kelajuan maksimum agar kendaraan membelok dengan baik


Sudut Kemiringan Jalan pada Belokan :


Pentiiing......

penggunaan rumus diatas ketika yang diketahui atai yang ditanyakan adalah kecepatan liniernya....namun bila yang diketahui adalah kecepatan sudutnya maka bagian rumus dibawah ini berubah menjadi....


pada pembahasan selanjutnya kecepatan yang dipakai adalah kecepatan linear......bila ada soal yang menggunakan kecepatan sudut cukup mengganti bagian yan ditampilkan di atas.

Gerak Melingkar Vertikal pada Seutas Tali


coba kalian perhatikan gaya2 yang bekerja pada bandul di setiap titiknya.....bila menuju pusat lingkaran bernilai positif sedangkan yang menjauhi pusat bernilai negatif. pada setiap titik tegangan tali (T) selalu menuju pusat lingkaran...sehingga harganya selalu ditulis positif. Kemudian berat bandul di titik A berarah menjauhi pusat lingkaran sehingga bernilai negatif, berat bandul di titik B tegak lurus dengan tali sehingga tidak memengaruhi besarnya tegangan tali atau bernilai nol (0) dan titik C berat bandul menuju pusat lingkaran sehingga bernilai positif.....dengan melihat pengaruh berat benda pada titik sembarang....misalnya titik P.....terlihat berat benda yang mempengaruhi tegangan tali sesuai dengan  perkalian berat bandul dengan nilai Cos sudut dengan acuan titik A....penggabungan besarnya tegangan dan pengaruh berat bandul setara dengan gaya sentripetal benda (Fs).



maka tegangan tali dapat kita cari dengan memindahkan pengaruh berat benda ke ruas kanan.....


kedua rumus di atas sebenarnya sama persis....hanya terjadi peruraian rumus saja terserah yang akan kalian hafal yang mana...bila sudah tahu prinsipnya sebenarnya tidak harus dihafal. sedangkan rumus2 khusus di beberapa titik sebagai berikut :


kecepatan minimum untuk.....


Gerak Melingkar Vertikal dalam Lingkaran


berbeda dengan gerak vertikal benda yang diikat dengan seutas tali......pada gerakan ini benda bergerak di dalam lintasan lingkaran yang vertikal atau dapat juga tempat berpijak bendalah yang berputar vertikal sementara benda tersebut berada di sebelah dalamnya....seperti air dalam ember yang diikat tali...atau pilot pesawat yang bermanuver membentuk lingkaran vertikal....atau seperti contoh gambar di atas (bola dalam ember). dalam kondisi ini berlaku rumus umum :


kecepatan minimal agar saat di titik tertinggi benda tidak meninggalkan lintasan.....


Gerakan Melingkar Vertikal di Luar Lingkaran


contoh gerakan ini adalah ketika sebuah kendaraan melintasi jalan yang gundukannya membentuk lingkaran....
coba kalian perhatikan....mengapa berat benda dikalikan dengan sin...dan bukannya cos.... alasannya terlihat dalam penguraian gaya berat pada gambar.... sehingga rumus umumnya :



saat di puncak berlaku.....


bahasan terakhir kita mengenai....

Hubungan Roda - roda
 

  • Jika roda-roda sama pusatnya maka kecepatan sudutnya sama....dengan kecepatan sudut yang sama maka dapat kita cari kecepatan linier salah satu roda jika kecepatan linier roda yang lainnya diketahui.
  • Jika roda-roda sama lintasannya maka kecepatan liniernya sama....dengan kecepatan linier yang sama maka dapat kita cari kecepatan sudut salah satu roda jika kecepatan sudut roda yang lainnya diketahui.
SELAMAT BELAJAR

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

56 komentar: on "Gerak Melingkar Beraturan (GMB)"

Ramli mengatakan...

apa hubungan antara kecepata sudut dengan periode ? beserta rumusnya..

Galih Utomo mengatakan...

@ramli: udah tak tambahin di artikelnya ya....

di bagian rumus kecepatan sudut... :b:

Sii EsdE mengatakan...

visit blog saya jg ya... kita tukar informasi..thanks infonya..xiixix
http://sii-esde.blogspot.com/

hana mengatakan...

2. Sebuah sekrup jatuh dari langit-langit gerbong yang sedang dipacu ke arah utara dengan percepatan 2,5 m/s2. Berapakah percepatan sekrup tersebut terhadap a. gerbong b. gerbong yang diam di stasiun.

Galih Utomo mengatakan...

@hana... itu bukan soal gerak melingkar kan??

:l: gak papa deh tak jawab di sini...

a. percepatan terhadap gerbong?? yang jelas percepatan yang bekerja ada 2 yaitu percepatan grafitasi = 10 m/s^2 dan percepatan kereta = 2,5 m/s^2. percepatan (a) gabungannya :

a = akar (10^2 + 2,5^2)= 10,3 m/s^2

b. percepatan terhadap gerbong di stasiun berarti = percepatan kereta... ya ngak?? yaitu 2,5 m/s^2

:g: agak aneh juga soalnya...

hanaa mengatakan...

Posisi sebuah partikel sebagai fungsi waktu dinyatakan seperti berikut :
r=(bt)i+(c-dt^2)j
b=2m/s c=5m d=1m/s^2
a. Nyatakan y sebagai fungsi x dan buatlah sket lintasan partikel. Bagaimana bentuk lintasannya ? b. Jabarkan vektor percepatannya c. Kapan (t > 0) vektor kecepatan tegak lurus vektor posisi ?
:j:

Galih Utomo mengatakan...

halo hanaa... mengapa link mu nyambungnya ke fb ku ?? :d:
tulis aja email atau web mu gitu...

i = sumbu x dan j = sumbu y

s = (2t)i + (5-t^2)j

saat t = 0 maka x = 0 dan y = 5 (0,5)
saat t = 1 maka x = 2 dan y = 4 (2,4)
saat t = 2 maka x = 4 dan y = 1 (4,1)
saat t = 3 maka x = 6 dan y = -4 (6,-4)

terus digambar... berbentuk kurva melengkung ke bawah..yang lama mencari persamaan fungsinya... pake eliminasi...

y = px^2 + qx + r dimasukkan nilai2 x dan y nya :

(0,5) --> 5 = 0 + 0 + r maka r = 5
(2,4) --> 4 = 4p + 2q + 5 maka 4p + 2q = -1
(4,1) --> 1 = 16p + 4q + 5 maka 16p + 4q = -4

pake eliminasi ketemunya p = -1/4 dan q = 0

y = -1/4 x^2 + 5 sehingga jika dibentuk mjd fungsi x :

x = akar (20 - 4y)

Galih Utomo mengatakan...

atau langsung menjadi fungsi x asal tahu dari sketsa grafik berbentuk kurva fungsi x dalam akar:

x = akar (my + n)

(0,5) --> 0 = akar (5m + n) dikuadratkan 0 = 5m + n --> n = -5m

(2,4) --> 2 = akar (4m + n) dikuadratkan 4 = 4m + n

nilai n diganti -5m maka 4 = 4m - 5m maka m = -4 dan n = 20

bentuknya : x = akar (-4y + 20) sama kannn...

adam mengatakan...

thx bgt yaa,, sangat membantu :)

Anonim mengatakan...

pengertian dan rumus sebenarnya dari kecepatan linear apa ya ? terimakasih :b:

Galih Utomo mengatakan...

kecepatan linear = jarak/waktu

v = s/t

Anonim mengatakan...

Bagaimana mencari nilai ᴨ= 3.14 dalam gerak melingkar?
Tolong berikan penjelasan?

inet113111236 mengatakan...

11. Suatu titik materi bergerak melingkar beraturan. Dua detik yang pertama menempuh busur
sepanjang 40 cm, Bila jari-jari lingkaran 5 cm, maka :
a. Tentukan kelajuan liniernya.
b. Tentukan kelajuan angulernya.
c. Dispacement angulernya ( sudut pusat yang ditempuh )

12. Satu kali mengorbit bumi, bulan memerlukan waktu 27,3 hari. Jari-jari orbit bulan 384.000 km,

berapakah percepatan bulan terhadap bumi ?

13. Sebuah bola bermassa 200 gram diikat pada ujung sebuah tali dan diputar dengan kelajuan tetap

sehingga gerakan bola tersebut membentuk lingkaran horisontal dengan radius 0,2 meter. Jika

bola menempuh 10 putaran dalam 5 detik, berapakah percepatan sentripetalnya ?

14.Sebuah mobil bergerak pada jalan yang melengkung dengan jari-jari 50 m. Persamaan

gerak mobil untuk S dalam meter dan t dalam detik ialah: S = 10+ 10t - 1/2 t2 , Hitunglah

Kecepatan mobil, percepatan sentripetal dan percepatan tangensial pada saat t = 5 sekon !

15. Seorang anak memutar-mutar batu dengan tali berjari-jari R membentuk lingkaran horisontal

setinggi h dari tanah. Tiba-tiba tali putus dan batu terlontarhorisontal serta jatuh di tanah sejauh

x. Tentukan percepatan sentripetal batu selama gerak melingkarnya !

mohon bantuannya kk :b:

MY BLOG mengatakan...

kk, aku mau juga dong pembahasan soal dari 1net113111236 nya. . .

Galih Utomo mengatakan...

Suatu titik materi bergerak melingkar beraturan. Dua detik yang pertama menempuh busur
sepanjang 40 cm, Bila jari-jari lingkaran 5 cm, maka :
a. Tentukan kelajuan liniernya.
b. Tentukan kelajuan angulernya.
c. Dispacement angulernya ( sudut pusat yang ditempuh )

jawab :

jawaban dlm satuan SI ya... jd panjang dlm meter

a. v = s/t = 0,4/2 = 0,2 m/s
b. kelajuan anguler = v/r = 0,2/0,05 = 4 rad/s
c. sudut pusat = kelajuan anguler.t = 4.2 = 8 rad

Galih Utomo mengatakan...

Satu kali mengorbit bumi, bulan memerlukan waktu 27,3 hari. Jari-jari orbit bulan 384.000 km,

berapakah percepatan bulan terhadap bumi ?

jawab :

satu kali putaran = periode ( T ) = 27,3 hari
= 27,3.24.3600 = 2358720 sekon

kecepatan sudut = 2 phi/T

percepatan sentripetal = kecepatan sudut^2.R = (2 phi/T)^2.R

= ..... hitung aja pake kalkulator = 2,73 . 10^-3 m/s^2

Galih Utomo mengatakan...

Sebuah bola bermassa 200 gram diikat pada ujung sebuah tali dan diputar dengan kelajuan tetap

sehingga gerakan bola tersebut membentuk lingkaran horisontal dengan radius 0,2 meter. Jika

bola menempuh 10 putaran dalam 5 detik, berapakah percepatan sentripetalnya ?

Jawab :

kmu cari aja periodenya atau frekuensi...

frekuensi = f = banyak putaran/t = 10/5 = 2 Hz

kecepatan sudut = 2 phi.f = 2 phi.2 = 4 phi

percepatan sentripetal = kecepatan sudut^2.R = (4 phi)^2.0,2

= 3,2 phi^2 m/s^2 atau... 31,6 m/s^2

Galih Utomo mengatakan...

:o: soal di atas klo ditanya gaya sentripetalnya tinggal dikali massanya...

Fs = percepatan sentripetal.0,2 kg = 6,32 N

Galih Utomo mengatakan...

14.Sebuah mobil bergerak pada jalan yang melengkung dengan jari-jari 50 m. Persamaan

gerak mobil untuk S dalam meter dan t dalam detik ialah: S = 10+ 10t - 1/2 t2 , Hitunglah

Kecepatan mobil, percepatan sentripetal dan percepatan tangensial pada saat t = 5 sekon !

Jawab :

V = turunan S = 10 - t
V saat t=5 = 10 - 5 = 5 m/s

maka persepatan sentripetal = V^2/R = 5^2/50 = 0,5 m/s^-2

percepatan = a = turunan V = -1 m/s^2

percepatan tangensial = percepatan = -1 m/s^2

Galih Utomo mengatakan...

15. Seorang anak memutar-mutar batu dengan tali berjari-jari R membentuk lingkaran horisontal

setinggi h dari tanah. Tiba-tiba tali putus dan batu terlontarhorisontal serta jatuh di tanah sejauh

x. Tentukan percepatan sentripetal batu selama gerak melingkarnya !

jawab :

:f: waaa... soal ini yang paling susah...

ketika terlempar ketanah berarti terjadi gerak parabola...

waktu untuk jatuh ke tanah = akar (2h/g) = akar (2h/10)

= akar h/5 (ingat.. seperti gerak jatuh bebas... g = percepatan grafitasi = 10)

kecepatan horizontalnya = jarak/waktu = s/t = x/akar (h/5)

percepatan sentripetal = V^2/R = (x/akar (h/5))^2.R

= x^2/(h/5) . R = 5x^2.R/h

blues fans mengatakan...

dua buah piringan A dan B masing2 bermassa 2 kg dan 4 kg. jari-jari piringan A dan B adalah 0,2 m dan 0,1 m. Pada awalnya piringan A bergerak dengan kecepatan sudut 50 rad/s sedangkan piringan B bergerak dengan kecepatan sudut awal 200 rad/s. Hitung kecepatan sudut akhir setelah kedua piringan menyatu!
please ya jawab

Galih Utomo mengatakan...

pake rumus kekekalan momentum sudut...

I1.omega1 + I2.omega2 = I3.omega3

I = momen inersia tabung pejal = 1/2.m.r^2 dan I3 = I1 + I2
omega = kecepatan sudut
jadinya...

1/2.2.0,2^2.50 + 1/2.4.0,1^2.200 = (1/2.2.0,2^2 + 1/2.4.0,1^2).omega3

2 + 4 = 0,06.omega3

omega3 atau kekepatan sudut gabungannya = 100 rad/s

bennyawblog mengatakan...

1. sebuah beban massanya n diikat dengan tali. diputar menurut bidang vertikal sehingga lintasannya berbetuk lingkaran dengan jari2 30cm. jika omega = 20 rad/s hitunglah tegangan tali?

2. sebuah benda bergerak di luar lingkaran dengan massa 500 kg kecepatannya 20 m/s, r = 10 m. sudut dititik 30 derajat. berapakah gaya normal benda di titik tsb?

3. sebuah mibil sedang meluncur diatas jembatan layang dengan kecepatan 30 m/s jika ban mobil bersentuhan dgn jembatan berapakah jari2 jembatan tsb?

irvan manurung mengatakan...

Mengapa seorang pengendara roda gila dapat bertahan dalam lintasan itu dan tentukan berapakah kecepatan minimal yang harus dimiliki oleh pengendara itu agar dia tidak terjatuh ?

maulidya eliska mengatakan...

Kalau kelajuan sama dengan apa ya kecepa

maulidya eliska mengatakan...

Bagaimana cara menentukan kecepatan sudut dan frekuensi dari sebuah katrol jika diketahui radius katrol 15 cm?

aisyahmanggala mengatakan...

kok rumusnya bedaaaaa sama bukuku yah? :d:

Hardyan Eka mengatakan...

Mas galih..

saya punya beberapa pertanyaan.. mungkin bisa di bantu

1. boleh tau ga rumus untuk kecepatan minimum untuk sampai ke B dan untuk melingkar penuh pada "Gerak Melingkar Vertikal pada Seutas Tali" itu dapet rumus seperti itu gmn caranya?

2. pertanyaan yg sama untuk kecepatan minimal agar saat di titik tertinggi benda tidak meninggalkan lintasan pada "Gerak Melingkar Vertikal dalam Lingkaran"?

3. Sebuah balok kecil bergerak pada lintasan dalam lingkaran vertical berjejari R. Ketika sampai di B (sudut AOB = 90+teta), balok tepat meninggalkan lintasan. Berapakah kecepatan minimal di A (titik terendah lingkaran)? (nyatakan dalam variabel g, R, sudut teta).

terima kasih sebelumnya
iin

Bima Putra mengatakan...

1. Sebuah kipas angin berputar terhadap suatu poros tetap. Sebuah partikel pada benda yang berjarak 30 cm dari pusat putaran berputar dengan kecepatan sudut 3 rad/s dan percepatan sudut 4 rad/s2. Kecepatan dan percepatan tangensial partikel tersebut berturut-turut adalah...

windi widyaningsih mengatakan...

bantuin dong
sebuah bola bermassa 0,5kg diikatkan pada ujung seutas tali yang panjangnya 1,5m kemudian diputar dalam suatu lingkaran mendatar. jika tali hanya mampu menahan tegangan maksimum 60N. berapakah kelajuan maksimum bola itu sebelum tali putus??

Brian Ivander mengatakan...

Saya sangat berterimakasih karena banyak rumus fisika yang bisa dipelajari di sini. Terimakasih karena telah membuatkan blog ini.

Maaf, setelah saya coba jabarkan sendiri. Sepertinya ada satu rumus yang salah. Tentang gerak melingkar berubah beraturan (GMBB) kecepatan minimum di titik B untuk mencapai satu putaran penuh adalah √2gR. sedangkan yang saya dapat dari perhitungan saya adalah √3gR.

Apakah mungkin saya salah perhitungan atau mungkin kesalahan ketik di rumus anda. Bisakah anda tolong jabarkan sehingga bisa dapat hasil seperti di atas? Akan sangat membantu untuk dimengerti.

rhyan mengatakan...

mas galih seberapa efektif penggunaan roda/benda bulat untuk mengurangi gaya gesekan?? Tolong pnjelasan ilmiahnya dan rumus2nya.. Misalkan tanpa roda dperlukan gaya sekian, dengan roda hanya diperlukan gaya sekian

Alfi Aisyah (AL_Vinoy) mengatakan...

Tolong dibantu ya..
Saya ada pertanyaan nih,
sebuah mobil bermassa 1.000 kg melintasi jembatan lengkung yang berjari-jari 60 m. Mobil itu bergerak dengan kelajuan tetap 54 km/jam. Berapa besar dan arah gaya yang dikerjakan mobil pada jembatan ketika sedang berada di puncak?

Mohon penjelasannya

nintya assyarifa mengatakan...

Nice info. Sangat membantu. Terimakasih..

JAH ghan mengatakan...

thanks... :c: meskipun gk ngerti heheee :b:

Pratiwy Hidayati mengatakan...

suatu gelombang bergerak ke atas dan ke bawah dalam jarak 50cm, gerakan tersebut berulang-ulang tiap 2sekon, tent;
a. laju gelombang (v)
b. amplitudo (a)
c. frekuensiI (k)
d. panjang glombang (lamda)

jika gelombang mera,bat dengan seutas tali yang massanya 50gr,


pliss dong jawabannya...... :j:

afrizal jambi mengatakan...

pemindahan gerak melingkar kan ada 2 sistem,, sistem langsung dan tidak langsung,, cara menentukan rumus sistem tak lansung tu bagaimana,, dan satuanya ap,, bantuanya ya :b:

SendiNuryanti mengatakan...

sebatang kawat panjang 1 m dan jari-jari 1mm mempunyai bola bermassa 2,5 kg yang digantungkan pada salah satu ujungnya. bola kemudian diputar dalam lingkaran vertkal dengan kecepatan putar 2 putaran tiap detik. hitung pertambahan panjang pegas ketika bola di titik terendah lintasannya yang modulus young kawat 20x10^10 N/m^2 dan g=9,8 m/s^???
tolong banget bantuannya menjawab :(

Deden Burhanuddin mengatakan...

kak mau nanya...
1.sebuah roda mempunyai r=20 cm, berputar dengan percepatan fungsi waktu M/x= 2t, apabila kelajuan sudut awal 0, kelajuan sudut dan kelajuan linear setelah 2 sekon adalh

2.sebuah roda berputar dengan kcpatan 300 rpm, kemudian direm, sehingga dalam 5 sekon kec. berputar tinggal 60 rpm, berpa percepatan sudutnya?

3,Berapa percepatan sudutnya jk benta yang bergerakmelingkr dgn kec. sudutnya sesuai persamaan w=(3tkuadrat-4t+2)rad/s. pad saat t=1s.posisi sudutnya adlg 5rad. setelah bergerak selama t=2s pertama..?

tolong di bantu,,, terima kasih,,,

Saffana Zian mengatakan...

90 derajat itu berapa radian?

Sapa Yaa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sapa Yaa mengatakan...

Anda dapat rumus2 diatas dari mana yaa?? :d: :a: Kecuali yang W=V/r, W=2(pii)f, dkk, hihihiiii :b:

innieq yassa nimara mengatakan...

sebuah bola 150 gr terikat di ujung sebuah tali yg diputar secara beraturan membentuk lingkaran horisontal dg radius 0,6 m
bola membentuk 2 putaran per detik
hitung gaya tegangan tali (abaikan massa tali)

tlong d.bantu kk :g

vicky syahrul mengatakan...

Posisi sebuah partikel sebagai fungsi waktu dinyatakan seperti berikut :
r=(bt)i + (c-dt kuadrat)j

b = 2 m/s c = 5 m d = 1 m/s2

a. Nyatakan y sebagai fungsi x dan buatlah sket lintasan partikel. Bagaimana bentuk lintasannya ?
b. Jabarkan vektor percepatannya
c. Kapan (t > 0) vektor kecepatan tegak lurus vektor posisi ?

mohon bantuannya gan... thks

aryana mengatakan...

sebuah satelit mengorbit di dekat bumi dengan kelajuan konstan. Apabila satelit berada pada orbit melingkar mengelilingi pusat bumi dengan percepatan 9,8 m/s2, lama waktu yang diperlukan satelit tersebut untuk melakukan satu putaran penuh mengelilingi bumi adalah....menit (Rbumi=6370km)

a. 50,6
b. 60,45
c. 84,33
d. 94,25
e. 103,46

vicky syahrul mengatakan...

. Sebuah sekrup jatuh dari langit-langit gerbong yang sedang dipacu ke arah utara dengan percepatan 2,5 m/s2. Berapakah percepatan sekrup tersebut terhadap a. gerbong b. gerbong yang diam di stasiun.

aryana mengatakan...

roda A dan B dihubungkan dengan tali karet. Roda A dan C konsentris meleket satu sama lain jari-jari roda A, B, dan C masing-masing 50 cm, 40 cm, 20 cm. Apabila setiap menit roda B berputar 60 kali, kecepatan tangensial roda C adalah...m/s

a. 0,32π
b. 0,64π
c. 3,2π
d. 64π
e. 120π

bintang kristina mengatakan...

nanyak dong min.
Knapa rumus persamaan lengkungan permukaan air pada percobaan bejanah pipih plastik di GMB bisa Y=W^2/2g x^2-w^2/6g a^2 min.itu di turunin dari apa kin??

yuli ana mengatakan...

bagaimana ya mencari rumus V
jika diketahui fs=m.v2/r ?

yuli ana mengatakan...

jika diketahui kecepatan sudut suatu benda 5 rad/s
bagaimana menentukan nilai priode dan niai frekuensinya .

tolong d bls ya :)

Affendi Afends mengatakan...

Sumbernya darimana.??
Atau buat sendiri

Lord Vestroia mengatakan...

Seorang pebalap moto GP ketika melintasi tikungan yang berbentuk setengah lingkaran tidak akan terjungkal keluar. Apa yang menyebabkannya ? :b:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:
Poskan Komentar



Ada yang ditanyakan...?
Tulis aja di bawah ini....