Tips Panjang Sisi pada Bidang Sebangun II

Artikel ini membahas tentang materi kelas 3 SMP tentang "Kesebangunan" dan juga merumakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya yang berjudul Tips Panjang Sisi pada Bidang Sebangun.

materi yang tersaji dalam artikel ini maupun artikel sebelumnya sebagian berisi tips-tips praktis dalam mengerjakan soal. Penggunaan tips praktis tersebut sama sekali tidak bertujuan untuk membuat siswa bodoh karena tidak memahami inti materi yang disampaikan. Tujuan penggunaan tips praktis dalam penyelesaian soal-soal tentang kesebangunan ini bertujuan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal kesebangunan yang sering muncul dalam ujian semester maupun UAN dengan cepat.
Sehingga harapannya akan menambah kepercayaan diri siswa tersebut dalam mengerjakan soal-soal yang lainnya karena dia sudah menjawab salah satu soal dengan cepat dan tepat. Selain itu waktu yang dimiliki siswa dalam mengerjakan soal ujian menjadi lebih efisien karena sebagian soal telah dikerjakan dengan cepat menggunakan tips-tips praktis tersebut.

Rumus Air Mancur dalam Segitiga Sebangun

Coba kalian perhantikan bagan rumus berikut ini :


Coba kalian perhatikan...... garis2 yang warnanya sama dikalikan dan  yang garisnya dobel berarti dikuadratkan. Perkalian garis2 yang sewarna tersebut sama hasilnya dengan warna yang lainnya. arah panah garis yang berwarna oranye selalu menuju ke sisi miring segitiga siku2. 
untuk rumus2 yang saya sajikan dengan gambar seperti rumus di atas tidak penting untuk mengingat nama2 huruf yang tertera pada titik2 sudutnya (misal AB, AD, BC dll) karena lain soal nama2 titik sudutnya pun bisa berbeda. Namun bagan2 garis yang digunakan untuk mengingat rumus tidak akan berubah.

Coba perhatikan contoh soal berikut ini.... dan carilah nilai x, y dan z :

 AD2 = DC . DB

122 = 16.X

122 : 16 = X

X = 144 : 16 = 9

Jadi nilai x = 9 cm


 contoh lainnya......

untuk soal yang ini saya kerjakan langsung :

y2 = 16 . (16 + 9)

y2 = 400 maka y = 20 cm

z2 = 9 . (9 + 16)

z2 = 225 maka z = 15 cm


Rumus Segitiga Sebangun Lainnya......

untuk soal seperti di bawah ini tidak bisa dikerjakan dengan rumus praktis di atas...... nah unutk soal2 seperti inilah kalian harus memahami konsep dasar tentang perbandingan dalam kesebangunan :

coba carilah panjang DE .......? 
ingat untuk soal ini tidak dapat dikerjakan dengan rumus air mancur di atas...juga tidak bisa dikerjakan dengan perbandingan sisi segitiga sebangun yang disampaikan pada artikel sebelumnya.

tapi jangan khawatir..... pada prinsipnya asal kedua bangun merupakan segitiga sebangun maka dapat dibuat perbandingan sisi2 yang bersesuaian. Untuk kemudahan dalam mengerjakan  soal pisahkanlah antara gambar segitiga besar dengan segitiga kecil






segitiga besar dan kecil mempunyai titik sudut yang sama yaitu titik C. maka besar sudutnya pun juga sama. segitiga yang besar siku2 di titik A sedangkan segitiga kecil siku2 di titik E, maka setelah dipisahkan terlihat seperti gambar di bawah ini :











Samapi di sini dulu ya.... OK bro.... : )

5 komentar:

  1. tolong saya di bantu
    ni soal nya
    sebuah gedung bertingkat mempunyai bayangan sepanjang 15 m sedangkan sebuah tiang yang tingginya 4m mempunyai bayangan sepanjang 6m tentukan tinggi gedung

    BalasHapus
  2. bagaimana kalau mencari setengahnya?

    BalasHapus
  3. @vira : setengah yang mana? klo mau lebih jelas kirim aja soal yang ditanyakan ke email saya galihutm@gmail.com

    BalasHapus
  4. @adji 4/6 = x/15
    4.15 = 6.x
    x = 4.15/6 = 10

    BalasHapus
  5. untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus